Agaknya manusia memang ditakdirkan suka dimanja. Atau paling tidak gemar memanjakan diri. Sejarah telah membuktikan bahwa Putri Keraton sudah sejak sejak lama memanjakan diri  dengan para dayang  dan mempercantik dirinya dengan lulur-lulur tradisional. Bahkan yang cukup terkenal, “si ratu ular”  Cleopatra tak pernah lupa memanjakan dirinya dengan mandi susu agar tubuhnya lebih segar  dan halus sehingga sang Julius luluh hatinya.

Begitu juga manusia terutama wanitanya yang hidup di era sekarang. Di zaman yang super sibuk dan penuh dengan masalah ini agaknya mulai muncul tren baru yaitu mengunjungi spa.  Sebuah gaya hidup yang tergolong baru untuk Indonesia. Selain bisa untuk memanjakan diri, spa juga cukup bagus untuk menyehatkan badan.

Kata spa sendiri diambil dari tempat mata air yang digunakan untuk penyembuhan di sebuah kota kecil di belgia. Dari asal kata itu spa tetap mengacu pada tempat untuk relaksasi, menenangkan pikiran dan badan serta untuk mendapatkan kesegaran dengan nuansa air alam yang kental.
Menurut pakar spa, spa seharunya berada di daerah yang dekat dengan mata air alam. Itulah sebabnya spa  harus memiliki lokasi yang dekat dengan alam  seperti hutan, air terjun, dan pedesaan.

Spa yang ditujukan untuk kesehatan juga biasanya menjual konsep program. Entah untuk kebugaran, melangsingkan tubuh atau yang lain. Di spa inilah pelanggan di ajarkan hidup sehat, makan teratur, bahkan terapi meditasi,yang memang efektif dilakukan di alam tebuka.

Seorang dokter bedah tulang juga menyebutkan bahwa pengobatan denganmetode air memang bisa dilakukan. Salah satu cara yang digunakan dalam ilmu fisioterapy adalah metode hydroteraphy. Spa pada prinsipnya juga menggunakan metode hydroteraphy. Memanfaatkan air untuk menjaga kesehatan. Apalagi bila air yang keluar dari tanah itu mengandung sulfur seperti yang ada di jawa barat. Sudah dibuktikan bahwa kandungan sulfur bagus untuk kesehatan kulit, anti jamur dan lain sebagainya.

Sebagai contoh fungsi dari metode hydrotherapy adalah pada saat kaki kita sakit atau bengkak, pasti akan terasa enak bila direndam diair panas. Di situ ada efek analgesiknya. Keadaan ini akan semakin terasa enak kalau bagian yang sakit itu disemprot dengan air panas. Maka rasa sakit itu untuk beberapa saat akan lenyap. Apalagi bila seperti di spa. Air yang ada dicampuri dengan mineral-mineral tertentu yang memang memiliki manfaat menyehatkan.

Namun saat ini pengertian spa sudah lebih berkembang. Apabila tadinya masih dihubungkan  atau dikaitkan dengan sumber mata air, sekarang hanya menjadi tempat yang hanya menyajikan cara untuk memanjakan diri, menenangkan pikiran dengan berbagai cara seperti pijatan, luluran, dan lain-lain di sebuah ruangan yang beraroma terapi dengan music yang melenakan.

Maka kemudian hadirlah hotel-hotel berbintang dengan spa centre atau ruang-ruang spa seperti di fourseason bali atau hotel lain-lainnya. Istilah city spa pun lantas berkembang. Fenomena ini muncul sebagai jawaban atas permintaan konsumen yang banyak terdiridari eksekutif muda karena merasa terlalu banyak membuang waktu untuk pergi keluar kota atau hanya ingin merasa segar secepat mungkin setelah lelah bekerja, atau akan mengawal hari.

Dengan adanya spa-spa di pusat kota, atau bahkan didaerah yang cukup dekat, akan sangat memudahkan para pelanggan spa untuk menjangkaunya.
Tujuan spa memang pada dasarnya untuk memberikan relaksasi, membuat tubuh lebih sehat dan segar. Selain untuk memanjakan diri pribadi. Karena factor suhu dan stress, maka perlu diberikan keseimbangan energy untuk mengaktifkan bio energy supaya tubuh kembali sehat, metabolisme lancar, limfa lancar, kulit halus dan mengurangi lemak. Semua itu bisa didapat dengancara antara lain lulur tradisional, body scrub, sauna, body wraps, facial, menggunakan aromaterphy dan lain-lain.

Sekarang spa sudah semakin banyak di temui dikota-kota besar di Indonesia. Karena jumlah eksekutif dengan tingkat stress yang sangat tinggi ada banyak di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Sehingga dengan adanya spa di kota atau city spa sangat membantu para eksekutif yang ingin menenangkan pikiran atau beristirahat.

Meskipun hampir mirip dengan salon tapi city spa memiliki perbedaan pada teknik pemijatan. Beberapa teknik pemijatan menggunakan minyak-minyak beraroma yang diambil dari bahan-bahan tradisional seperti bunga lavender, melati, dan lain-lain. Yang dipercaya memiliki khasiat menghilangkan rasa lelah, menenangkan dan lain-lain, dan di beberapa tempat, setelah dipijat pelanggan diberi produk khusus seperti masker dan ditutup dengan selimut listrik.

Pijatan sendiri sudah diakui memiliki khasiat yang cukup banyak. Seperti dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mempertinggi kadar senyawa kimia otak yang mampu mengurangi rasa sakit serta mengurangi kadar hormon stress dalam darah.

Karena itulah kemudian berkembang beberapa teknik pijatan yang memiliki kekhasan dan khasiat masing-masing seperti Swedish, yang dipercaya bisa menghilangkan sakit kepala dan relaksasi. Shiatsu yang berasal dari jepang adalah teknik pijatan yang menggunakan tekanan jari yang mampu mengatasi insomnia. Pijat dengan aromatherapy yang menggunakan esensi minyak beraroma tertentu tergantung masalah yang dihadapi.

Pijatan memang ada bermacam-macam. Di bidang , pijat merupakan salah satu bentuk terapi.  Salahsatu tujuan pijat adalah melancarkan aliran darah. Jadi misalnya ada orang yang patah tulang, maka ia butuh aliran darah ke tulang itu.caranya dengan menggerakan sendi di atas atau di bawah tempat patah sehingga terjadi pemompaan otot yang banyak mengalirkan darah dengan membawa nutrisi.

Meski demikian ahli bedah juga menyarankan agar tidak sembarangan melakukan pijatan. Karena jika salah melakukan pijatan bukannya sehat yang didapat tapi justru sakit yang semakin parah.

Sumber : duniaperempuan.com

Advertisements